Jumat, 27 Februari 2009

“TAJI SI DAUN MUDA”

Jika mendengar kata FISIPOL/FISIP/Sospol, pikiran masyarakat tertuju pada salah satu universitas swasta yang memang terbilang cukup lama telah memiliki fakultas yang mampu mencetak politikus-politikus muda ini. Namun agaknya pemikiran tersebut tidak berlaku saat ini. Sejak satu tahun yang lalu, telah hadir satu fakultas baru dalam naungan universitas ‘jantong hatee rakyat aceh’ setelah perencanaan pendirian fakultas ini selama ± 20 tahun. Fakultas ini diharapkan melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang mampu menyerap, menganalisis, dan memberikan solusi yang konkrit terhadap permasalahan-permasalahan sosial & politik masyarakat Aceh khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, mengingat keberagaman (kemajemukan) yang dimiliki bangsa ini, serta diharapkan fakultas nantinya dapat menjadi ‘Pusat Studi Sosial’.

Meskipun terbilang fakultas baru (setelah FMIPA) serta masih menyandang status ‘Program Studi Ilmu Sosial & Politik’ dengan koordinator program Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal, M. Eng. selaku Pembantu Rektor I, FISIP memiliki daya pikat tersendiri. Tidak tanggung-tanggung sebanyak ± 500 calon mahasiswa pada tahun 2007 mendaftar untuk program studi ini, namun hanya setengah dari angka tersebut yang lulus pada SPMB lokal FISIPOL pada Agustus 2007. Sebanyak 250 mahasiswa tersebut tersebar pada tiga program studi, yaitu masing-masing Sosiologi (50 mahasiswa), Ilmu Politik (100 mahasiswa), dan Ilmu Komunikasi (100 mahasiswa). Sementara itu, jumlah mahasiswa FISIP meningkat pada tahun 2008 ini menjadi ± 300 mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN, USMU, serta pindahan antar fakultas dalam lingkungan Unsyiah, ini membuktikan bahwa selama rentang waktu satu tahun keberadaan FISIPOL telah banyak diketahui oleh masyarakat. Agaknya FISIPOL telah menampakkan tajinya buktinya, diawal tahun kelahirannya FISIPOL telah mengikutsertakan mahasiswanya dalam berbagai ajang diskusi & seminar dengan pemateri dari dalam dan luar negeri.

Kini usia kampus tercinta ini sudah menginjak usia satu tahun ( 3 September 2007 – 3 September 2008), ini merupakan usia yang masih sangat muda, namun harapan & impian masih jauh terbentang di depan, dan pastinya membutuhkan kerja keras semua pihak guna membawa FISIPOL meraih semua harapan & impian tersebut.

SELAMAT DIES NATALIS KE-1 FISIPOL

SELAMAT DIES NATALIS KAMPUS KAMI TERCINTA

Keluarga Besar Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Tidak ada komentar: